Tips mengamankan Akun (Facebook, Gmail, Twitter dll) | all about tips n' trick

Blogger templates

Ads 468x60px

Pages

Thursday 27 June 2013

Tips mengamankan Akun (Facebook, Gmail, Twitter dll)

Apa yang terjadi jika akun anda baik itu Facebook, Twitter dan lain-lain dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab?! pasti jengkel dan marah tho hhehehe, begitupun dengan saya yang waktu itu masih belum mengerti pentingnya mengamankan akun yang waktu itu akun facebook saya dibobol orang lain  (ini mungkin suatu karma karena saya juga pernah membobol FB teman saya wkwkwk)yang saya rasakan waktu itu adalah "malu luar biasa" karena yang membobol menuliskan status bahwa  saya "MAHO" padahal saya masih normal banget lho, dan menuliskan hal yang tidak senonoh di grup kelas pada waktu itu.... nah semenjak itu saya jadi lebih memperhatikan keamanan akun dan untuk itu pula saya akan membagikan kepada semua bagaimana cara mengamankan berbagai macam akun entah itu Facebook, twitter dan lain-lain agar aman dan susah untuk dibajak oke langsung saja di baca


1. Setting Password yang rumit bagi orang lain tapi mudah anda ingat (ex: 4nj1ng h1t3m)


paswword memegang peranan penting bagi berbagai macam akun entah FB, Twitter dll,  penulisan paswword yang rumit ini jelas akan menyulitkan para pembajak yang akan membobol akun anda... dan menurut pengalaman saya dalam membobol Facebook beberapa teman, mereka rata-rata menggunakan pasword yang sangat pendek dan memang mudah sekali untuk dijebol (ingat waktu itu Facebook masih memunculkan alamat email dari Membernya) dan terkadang pada bagian info terdapat hal-hal yang dapat diperkirakan menjadi pasword, contoh: nama pacar, nama hewan dan tanggal lahir. mungkin anda bertanya pasword yang rumit tapi mudah kita ingat itu yang bagaimana?! nah disini saya akan memberikan contohnya, jika anda ingin memberi password pada akun anda "anjing hitam" jangan menulis demikian tapi gunakanlah bahasa 4l4y jadinya "4nj1ng h1t3m" 

2. Update password anda setiap 3 bulan sekali


hal ini saya peroleh pada waktu saya menonton suatu program di TV, kalu tidak salah waktu itu TV ONE
dimana waktu itu sang narasumber memberikan saran agar akun kita sebaiknya di update tiap 3 bulan sekali kenapa?! karena hal ini menghindarkan kita dari orang yang sudah tahu password kita yang lama tapi belum sempet mengotak-atik password kita

3. Jika itu akun facebook buat saja 4 akun FB!!!


wah 4 akun FB??? iya kenapa ini untuk jaga - jaga jika akun FB kita sudah di bobol, caranya gimana?! pada waktu akun fb kita di bobol klick saja "lupa kata sandi anda" ujung - ujungnya atau di bagian akhir nanti kita akan diminta untuk memilih 3 teman yang nantinya akan dikirimi suatu kode oleh pihak facebook

4. Jika itu akun GMAIL setting saja verivikasi 2 langkah

meskipun saat ini menurut saya akun GMAIL jarang dibobol karena tingkat keamanya tapi sepandai - pandainya kita mensetting pasword yang rumit tetap saja ada orang yang berhasil membobolnya, cara kerja dari verivikasi 2 langkah ini adalah saat kita membuka alamat GMAIL kita maka secara otomatis kita akan mendapat SMS dari pihak google yang berisi sandi/pasword verivikasi yang nantinya akan di gunakan untuk login (tanpa verivikasi tersebut kita tidak bisa login), nah coba anda bayangkan jika Akun tersebut di buka oleh orang lain, maka secara otomatis anda akan menerima SMS verivikasi tersebut dan sebaiknya cepat - cepat ganti paswword

5. Jika anda blogger, buat 1 akun GMAIL lagi dan jadikan Admin

hal ini untuk jaga - jaga jika akun gmail kita tidak sempat kita verivikasi 2 langkah dan berhasil di bajak, lalu si pembajak mulai mengotak - atik akun Blog anda, maka tinggal tendang saja Admin/akun yang di bajak tadi, anda bisa lihat sendiri kan saya memasang 2 akun untuk saya jadikan Admin untuk mengantisipasi hal yang tidak menyenangkan


#Pesan dari saya: jika anda seorang Hacker jadilah hacker yang baik, maksudnya jangan menjebol akun/website untuk tujuan menjatuhkan/merusak citra pemilik akun/website tersebut, tapi bobolah suatu akun untuk menguji keamanya dan laporkan hal itu kepada pemilik website tersbut apa - apa saja kekuranganya#


keyword: mengamankan akun facebook, bagaimana memberi password yang baik dan benar, mengamankan akun twitter, account, mengamankan akun gmail, mengamankan akun Gmail, facebook, twitter








19 comments:

  1. Sangat insfiratif :D
    firmanardyansyah.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Oke, saya terapkan trik-trik di atas bro!
    khaeruncorporation.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Mantep om tipsnya.. Mngenai pmbuatan 4Akun facebook.. Itu bisa menjadi cara untuk membobol akun facebook org lain lohh om..
    By; Deafile Bedah Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget itu sist itu bagaikan 2 mata pisau, bisa buat kebaikan juga bisa buat kejahatan hhoho

      Delete
  4. baggus tips konyolnya gan :D :D

    ReplyDelete
  5. baru tahu kalo ada verifikasi 2 langkah, say acuma gunakan 1 passwrod untuk semua media social say, haha, nice tips..

    blog dengan tiga kolom ini terlihat bersih, widget juga nggak neko neko (y)

    menurut saya traslatenya tidak perlu, karena google akan secara otomatis menterjemahkan sesuati negara visitor,

    ada tulisan "blogger template" di header, memang tidak terlalu kelihatan, tapi lebih baik itu dihapus,,

    saya salut jiak tulsian disini berdasarkan karya sendiri *lirik 'warning'

    coba tambahakan related post dibawah artikel agar pengunjung tetap berada di dalam blog ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wAH Istimewa sekali penialainya trims banyak gan udah komentar bagaimana blog ini, sempoga kedepanya bisa lebih bagus lagi

      Delete
  6. mantap om, ane ijin terapkan, takut di hack orang :v

    ReplyDelete
  7. Ane tambahin gan , Main di PC sendiri , kalau di Warnet rawan keylogger > software untuk mengetahui password

    ReplyDelete
  8. nice inpoh sob, nanti di praktekin

    ReplyDelete
  9. Keren banget nih gan , tapi kalo ganti pass terus , cepet lupa nih :D

    www.kevin-432.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. mantap juga artikel nya, mesti dipraktekin juga nih gan :)

    ReplyDelete
  11. mesti dipraktekin mas tapi ribet ya, hehe

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan:
1.tidak Out of Topic
2.baik, sopan dan santun
3.Admin tidak selalu Online, jadi harap di maklumi jika tidak sempat membalas komentar yang ada
4.dilarang keras COPAS dan MENGUTIP, artikel di blog ini murni buatan saya sendiri (kecuali mail merge), jika anda ketahuan COPAS, tanpa pemberitahuan akan saya laporkan ke GOOGLE