OS di dalam OS | all about tips n' trick

Blogger templates

Ads 468x60px

Pages

Saturday 6 April 2013

OS di dalam OS



Mau menjalankan 2 buah OS dalam 1 PC secara bersamaan?, memang bisa?! Tentu bisa dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama virtual box kita bias menjalankan 2 OS sekaligus, jadi ini sangat cocok untuk yang mau belajar jaringan tapi hanya tersedia 1 PC saja…. OK langsung saja praktekkin


1. 
 download dulu aplikasinya, lalu diinstall, setelah selesai klick baru seperti pada tampilan yang saya lingkari, maka akan muncul tampilan dibawahnya lalu klick Next

 2. 
 
isi nama yang akan kita gunakan, lalu type OS yang akan kita install di sini saya ingin menginstall linux ubuntu, jika sudah lalu klick next


3.
 
pada tahap ini tentukan memori dasar, ini adalahnya RAMnya computer virtual kita, pada tiap-tiap PC pasti muncul  besaran minimal yang berbeda-beda namun jika kita mau menaikkan memory ini usahakan jangan melebihi kapasitas dari RAM kita. Jika sudah maka klick next

4. 


  setelah kita klick next maka kita di minta untuk menentukan kapasitas dari hardisk virtual kita, sebetulnya saya sudah mengaturnya sejak lama untuk latian jaringan, tapi ga masalah mulai dari awal hhoho, klick baru untuk membuat kapasitas baru

5.

langsung saja ga pake lama klick NEXT

6.
 
pada tampilan ini kita pilih opsi yang paling atas  (Dynamically expanding storage), lalu klick next untuk melanjutkan

7. 



tentukan kapasitas hardisk kita, tapi jika untuk linux 8GB pun sudah cukup, tapi untuk sekelas windows  7 minimal kita setting 20GB ke atas, klick Next untuk melanjutkan

8.
 
klick FINISH untuk melanjutkan

9. 

 pada bagian ini dapat kita lihat setting pada PC virtual kita, jika mau merubah setingan klick back sampai menuju pada bagian yang akan kita setting tadi, jika mau melanjutkan klick finish

10 

pada langkah ini kita klick CD/DVD-ROOM untuk memasukkan CD yang nantinya akan pakai untuk instalasi OS

11. 


klick muat drive CD/DVD-DRIVE lalu pilih HOST DRIVE CD/DVD jika kita ingin menginstall lewat CD-ROOM, namun bagaimana jika kita hanya memiliki ISO nya saja? Tidak perlu kawatir klick File Image ISO  lalu cari file yang akan kita install



 

11.


jika sudah kita klick mulai untuk menginstall OS seperti biasa (saya pakai linux)
 



 












15 comments:

  1. wah keren juga nih OS di dalam OS ,, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha lebih tepatnya virtual komputer gan

      Delete
  2. wah, apa gak berat tuh nanti sistemnya :D
    soalnya PC ku, 1 OS aj dh lelet :P
    aku nyimak aj dh gan ...

    ReplyDelete
  3. wahh, keren...
    ternyata virtual box sama aja sma vmware ya kak.!!
    nice post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget gan....
      itu juga bisa buat os virtual

      Delete
  4. wah gw baru dapat praktek kemarin nih postingan.. hehe
    cmment back ya..

    ReplyDelete
  5. itu virtual boxnya kok x86 gak ada yang x32 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari aja di mbah google gan....
      pasti ada
      atau kalu ga ada pake vmware juga bisa
      hhoho

      Delete
  6. Dari Judulnya Aneh Tapi Okelah Nambah Ilmu

    Mampir Di Blog Ane Yea
    http://www.dhyka-inc.com/

    ReplyDelete
  7. ane juga pake gan.. udah lebih dari 5 versi windows ane instal di virtualbox ane :D

    kunjungan dan comment baliknya gan..
    http://zhmiepallace.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. makasih sudah mau berbagi ilmu komputer di blognya :DD
    salam blogger :D

    http://www.rawatweb.com

    solusi merawat web anda yang tak terurus

    http://www.asianbrilliant.com |
    http://www.thekaospolos.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan:
1.tidak Out of Topic
2.baik, sopan dan santun
3.Admin tidak selalu Online, jadi harap di maklumi jika tidak sempat membalas komentar yang ada
4.dilarang keras COPAS dan MENGUTIP, artikel di blog ini murni buatan saya sendiri (kecuali mail merge), jika anda ketahuan COPAS, tanpa pemberitahuan akan saya laporkan ke GOOGLE